Sabtu, 22 Desember 2012

ALKITAB: Nama-nama Kitab dan Penjelasan Singkat




Berikut ini akan saya uraikan secara singkat nama-nama Kitab yang ada dalam ALKITAB, baik perjanjian lama maupun perjanjian baru yang saya dapat dari berbagai sumber ;


KITAB-KITAB PERJANJIAN LAMA :
    1. KEJADIAN - Penulis: Musa - Tempat penulisan: Padang Gurun - Ditulis: sekitar tahun 1,450 sM – Gaya penulisan: Catatan berdasarkan sejarah – Ringkasan: Tuhan mencipakan dunia, memberi kita pilihan untuk mengasihi-Nya, dan memulai rencana-Nya untuk memulihkan kita melalui orang pilihan-Nya, Abraham.

    2. 
    KELUARAN - Penulis: Musa - Tempat penulisan: Padang Gurun - Ditulis: sekitar tahun 1,450 sM – Gaya penulisan: Kronologi sejarah – Ringkasan: Di Mesir, keturunan Abraham bertumbuh menjadi bangsa Ibrani/ bangsa Israel dan mereka dipimpin untuk Pulang.

    3. 
    IMAMAT - Penulis: Musa Tempat penulisan: Padang Gurun - Ditulis: sekitar tahun 1,450 sM – Gaya penulisan: Kitab tuntunan atau buku petunjuk – Ringkasan: Tuhan memberi tuntunan bagi bangsa Ibrani/ bangsa Israel untuk berbakti dan menyucikan diri agar bertahan dalam perjalanan mereka.

    4. 
    BILANGAN - Penulis: Musa - Tempat penulisan: Padang Gurun dan Daratan Moab - Ditulis: sekitar tahun 1,450 sM – Gaya penulisan: Perpaduan berbagai kisah dan catatan harian – Ringkasan: Karena kekurangan iman, bangsa Israel menghabiskan 40 tahun berkeliling di padang gurun.

    5. 
    ULANGAN - Penulis: Musa (dan Yosua) - Tempat penulisan: Dataran Moab - Ditulis: sekitar tahun 1,450 sM – Gaya penulisan: Perpaduan kisah dan khotbah – Ringkasan: Musa mengucapkan selamat tinggal, memberikan pelajaran sejarah, dan memberikan beberapa panduang untuk mengasihi dan menyembah Tuhan.

    6. 
    YOSUA - Penulis: Yosua, dengan bantuan beberapa orang lainnya - Tempat penulisan: Kanaan - Ditulis: sekitar tahun 1,370 sM – Gaya penulisan: Sebuah kumpulan kronologi dan kisah nyata (kebanyakan cerita perang) – Ringkasan: Orang Israel kembali mendiami tanah mereka setelah 400 tahun terbuang dengan merebutnya dari setiap bangsa yang menguasai kota.

    7. 
    HAKIM-HAKIM - Penulis: Samuel - Tempat penulisan: Israel - Tahun penulisan: Tidak diketahui – Gaya penulisan: Kumpulan kisah-kisah nyata – Ringkasan: Orang Israel terorganisasi menjadi sebuah bangsa di tanah sendiri dan dipimpin oleh hakim-hakim.

    8. 
    RUT - [color=#400080]Penulis: Samuel - Tempat penulisan: Israel - Ditulis: sekitar tahun 1,350 sM – Gaya penulisan: Kisah nyata tentang keluarga Yahudi – Ringkasan: Kisah sebuah keluarga tentang ketetapan Tuhan.

    9. 
    1 SAMUEL - Penulis: Samuel; Gad; Natan - Tempat penulisan: Israel - Ditulis: sekitar akhir abad ke 10 sM Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Samuel memimpin Israel mengurapi raja Saul, kemudian mengurapi Raja Daud.

    10. 
    2 SAMUEL - Penulis: Gad; Natan - Tempat penulisan: Israel - Ditulis: sekitar akhir abad ke 10 sM (setelah pemerintahan Raja Daud) – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Kuasa raja Daud dan penderitaan keluarganya.

    11. 
    1 RAJA-RAJA - Penulis: Yeremia - Tempat penulisan: Yehuda dan Mesir - Ditulis: Sekitar 560-550 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: raja Salomo memerintah Israel lalu kerajaan terpecah menjadi kerajaan Utara (Israel) dan Selatan (Yehuda).

    12. 
    2 RAJA-RAJA - Penulis: Yeremia - Tempat penulisan: Yehuda dan Mesir - Ditulis: Sekitar 560-550 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Kisah tentang Kerajaan yang terbagi 2: Israel dan Yehuda pada masa Elia dan elisa sebelum dibuang ke negeri asing.

    13. 
    1 TAWARIKH - Penulis: Ezra - Tempat penulisan: Yerusalem (?) - [color=#0000BF] Ditulis: Sekitar 400 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah dan silsilah keturunan – Ringkasan: Kisah sejarah Israel yang dimulai dari pemerintahan Daud sampai pembuangan ke Babel, lebih bersudut pandang rohani daripada politik.

    14. 
    2 TAWARIKH - Penulis: Ezra - Tempat penulisan: Yerusalem (?) - Ditulis: Sekitar 400 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Kisah sejarah Israel mulai dari Pemerintahan Salomo dampai pembagian kerajaan yang dilihat dari sudut pandang rohani ketimbang sudut pandang politik.

    15. 
    EZRA - Penulis: Ezra - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: Sekitar 400 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Bani Israel kembali dari pembuangan di Babel dan membangun kembali Bait Allah.

    16. 
    NEHEMIA - Penulis: Nehemia - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: Sekitar 400 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Lebih banyak lagi orang-orang Ibrani (keturunan Israel) kembali dari Babel dan membangun kembali tembok Yerusalem.

    17. 
    ESTER - Penulis: Mordekhai - Tempat penulisan: Syusyan, Elam - Ditulis: Sekitar 500 sM – Gaya penulisan: Kisah tentang seorang Ratu (Esther)– Ringkasan: Orang Ibrani selamat dalam pembuangan di Persia berkat seorang Yahudi yang memenangkan "kontes kecantikan kerajaan" dan dia menjadi Ratu.

    18. 
    AYUB - Penulis: Ayub - Tempat penulisan: Padang Gurun - Ditulis: mungkin sekitar tahu 2000 sM – Gaya penulisan: Puisi Ibrani kuno – Ringkasan: Kisah Ayub dan pengajaran tentang kejadian buruk tidak mengubah sifat alami Tuhan.

    19. 
    MAZMUR - Penulis: Daud, Asaf, Salono, Musa dan lain-lain - Tempat penulisan: kumpulan dari berbagai tempat - Ditulis: dalam rentang waktu 1400 s/d 500 sM – Gaya penulisan: Puisi dan bait lagu – Ringkasan: Daftar bait lagu penyembahan di Bait Allah dalam Perjanjian Lama.

    20. 
    AMSAL - Penulis: Salomo; Agur; Lemuel - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: sekitar 950 sM – Gaya penulisan: Kumpulan perkataan hikmat – Ringkasan: Kata-kata penuh hikmat untuk menghadapi kehidupan sehari-hari.

    21. 
    PENGKHOTBAH - Penulis: Salomo - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: sekitar 900 sM – Gaya penulisan: Literarur kebijaksanaan, yang berarti sebuah pemikiran yang sangat mendalam – sebuah tulisan yang memacu untuk berfikir, terkadang juga disebut puisi – Ringkasan: Aku mempunyai segalanya dan itu tidak ada artinya tanpa Tuhan. Hormat saya, Raja Salomo.

    22. 
    KIDUNG AGUNG - Penulis: Salomo - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: Sekitar 950 sM – Gaya penulisan: Puisi cinta – Ringkasan: Aku bergairah dalam cinta dan tidak bisa berhenti memikirkan dia. Salomo kekasihmu.

    23. 
    YESAYA - Penulis: Yesaya - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: Sekitar 700 sM – Gaya penulisan: Kumpulan khotbah dan nubuat – Ringkasan: Perhatikan, Tuhan memiliki rencana besar yang telah berjalan, kita harus terlibat di dalamnya.

    24. 
    YEREMIA - Penulis: Yeremia - Tempat penulisan: Yehuda; Mesir - Ditulis: Sekitar 600 sM – Gaya penulisan: Nubuat atau pesan dari Tuhan – Ringkasan: Nubuat atau pesan dari Tuhan [/color] – Ringkasan: Bersiap-siaplah menghadapi konsekuensi kehidupan yang jauh dari Tuhan. Ketahuilah rencana Tuhan tetap pada tempatnya.

    25. 
    RATAPAN - Yeremia - Tempat penulisan: Dekat Yerusalem - Ditulis: Sekitar 600 sM – Gaya penulisan: Khotbah dan nubuat dalam bentuk nyanyian duka cita – Ringkasan: Yang kita takutkan menjadi nyata. Dosa telah menghancurkan kita. Hatiku hancur.

    26. 
    YEHEZKIEL - Penulis: Yehezkiel - Tempat penulisan: Babilon - Ditulis: Sekitar 550 sM – Gaya penulisan: Khotbah dan nubuat – Ringkasan: Beberapa pengelihatan yang aku lihat dari sudut pandang Tuhan tentang bagaimana menghidupi hidup kita tentang surga.

    27. 
    DANIEL - Penulis: Daniel - Tempat penulisan: Babilon - Ditulis: sekitar 550 sM – Gaya penulisan: Kisah, pengelihatan dan nubuat – Ringkasan : Kisah tentang Daniel, seorang yahudi pada masa pembuangan di Babel dan pengelihatannya tentang masa yang akan datang.

    28. 
    HOSEA - Penulis: Hosea - Tempat penulisan: Samaria - Ditulis: Sekitar 700 sM – Gaya penulisan: Kisah Hosea sebagai gambaran hubungan Allah dan umat, kumpulan nubuat – Ringkasan: Efraim, engkau tidak setia kepada Tuhan, seperti seorang pelacur kepada suaminya, berbaliklah!

    29. 
    YOEL - Penulis: Yoel - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 800 sM – Gaya penulisan: Koleksi khotbah – Ringkasan: Karena dosamu, segalanya akan memburuk sebelum menjadi baik. Tetapi suatu hari nanti memang akan membaik.

    30. 
    AMOS - Penulis: Amos, nabi Kerajaan Selatan (Yehuda) yang berkhotbah kepada Israel (Kerajaan Utara) - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 750 sM – Gaya penulisan: Khotbah dan nubuat – Ringkasan: Sesuai standard manusia, kamu kelihatan baik, tetapi menurut standard Tuhan, kamu telah gagal.

    31. 
    OBAJA – Penulis: Obaja Tempat penulisan: Israel Ditulis: Sekitar 850 sM – Gaya penulisan: Sebuah pengumuman tentang penghakiman – Ringkasan: Perhatan orang edom, Engkau telah mengancam orang Israel, dan sekarang engkau akan berhadapan dengan Tuhan sendiri.

    32. 
    YUNUS – Penulis: Yunus Tempat penulisan:... Ditulis: Sekitar 750 sM – Gaya penulisan: Kisah nubuat terhadap Niniwe – Ringkasan: Yunus tidak ingin bernubuat kepada daerah yang penuh kejahatan di Niniwe, dan dia dibuang ke dalam perut ikan 3 hari 3 malam.

    33. 
    MIKHA - Penulis: Mikha - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 600 sM – Gaya penulisan: Beberapa khotbah berdasarkan pengelihatan dari Tuhan – Ringkasan: Kita adalah orang yang tidak bermoral dalam segala hal dan sedang menuju kehancuran. Hanya Tuhan yang dapat melepaskan kita dari diri sendiri.

    34. 
    NAHUM - Penulis: Nahum - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 650 sM – Gaya penulisan: sebuah khotbah – Ringkasan: Tidak peduli betapa kuatnya kejahatan, Tuhan akan menyingkirkannya pada waktu yang ditentukan-Nya.

    35. 
    HABAKUK - Penulis: Habakuk - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 600 sM – Gaya penulisan: Sebuah khotbah dalam bentuk tanya-jawab – Ringkasan: Tuhan, mengapa Engkau tidak menghentikan hal buruk yang terjadi?

    36. 
    ZEFANYA - Zefanya - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 630 sM – Gaya penulisan: Sebuah epsan langsung dari Tuhan – Ringkasan: Tuhan akan meminta kita bertanggung jawab atas segala perbuatan kita semuanya.

    37. 
    HAGAI - Penulis: Hagai - Tempat penulisan: Yerusalem dibangun kembali - Ditulis: Sekitar 500 sM – Gaya penulisan: Lima khotbah singkat – Ringkasan: Jangan mengabaikan hal paling penting – hubunganmu dengan Tuhan dan Penciptamu!

    38. 
    ZAKHARIA - Penulis: Zakharia - Tempat penulisan: Yerusalem dibangun kembali - Ditulis: Sekitar 500 sM – Gaya penulisan: Dua khotbah – Ringkasan: Selesaikan pembangunan Bait Suci dan perbaiki hubunganmu dengan Tuhan. Mesias segara datang!

    39. 
    MALEAKHI - Penulis: Maleakhi - Tempat penulisan: Yerusalem dibangun kembali - Ditulis: Sekitar 400 sM – Gaya penulisan: Khotbah dalam bentuk tanya jawab – Ringkasan: Menyembah Tuhan bukanlah tentang melakukan sesuatu untuk mendapat sesuatu, lakukanlah dengan segenap hati.

KITAB-KITAB PERJANJIAN BARU :
    1. MATIUS - Penulis: Matius - Tempat penulisan: Palestina - Ditulis: Sekitar tahun 60M – Gaya penulisan: Sebuah narasi silsilah, biografi, kumpulan kisah nyata – Ringkasan: Saudara-saudara Ibrani, Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Tuhan melalui para nabi dan inilah kesaksianku tentang sosok Sang Mesias itu.

    2. 
    MARKUS - Penulis: Yohanes Markus, murid Petrus - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 55-65 M – Gaya penulisan: Sebuah narasi biografi Yesus Sang Mesias – Ringkasan: Hai bangsa Romawi, Yesus adalah seorang raja yang menghamba. Lihat apa yang Dia lakukan!

    3. 
    LUKAS - Penulis: Lukas, teman sepelayanan Rasul Paulus - Tempat penulisan: Kaisarea - Ditulis: Sekitar tahun 60 – 63 M – Gaya penulisan: Sebuah narasi biografi – Ringkasan: Berita yang luar biasa! Yesus adalah Allah tetapi Ia juga manusia sejati. Dia mengerti perjalanan kita!

    4. 
    YOHANES - Penulis: Rasul Yohanes saudara Yakobus - Tempat penulisan: Efesus, atau di dekatnya - Ditulis: Sekitar tahun 80-95 M – Gaya penulisan: Profil biografi – Ringkasan: Sungguh benar, Yesus Kristus adalah Tuhan dan Allah.

    5. 
    KISAH PARA RASUL - Penulis: Lukas (orang yang sama yang menulis Injil Lukas) - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 65 M –Gaya penulisan: Narasi kronologis pelayanan para rasul – Ringkasan: Gereja mulai dibentuk. Pengobanan Yesus membawa kita bersama Allah. Kabarkan berita ini!

    6. 
    ROMA - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Korintus - Ditulis: Sekitar tahun 60 M – Gaya penulisan: Surat penjelasan pengajaran-pengajaran – Ringkasan: Kepada jemaat: satu-satunya cara benar dalam Tuhan adalah melalui iman.

    7. 
    1 KORINTUS - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Efesus - Ditulis: Sekitar tahun 55 M – Gaya penulisan: Surat pengajaran – Ringkasan: Kepada jemaat: Inilah aku. Sekarang, biarkan aku memberi tahu tentang dirimu yang sebenarnya.

    8. 
    2 KORINTUS - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Makedonia - Ditulis: Sekitar tahun 55 M – [color=#BF0000]Gaya penulisan: Surat pribadi kepada jemaat yang digembalakan – Ringkasan: Kepada jemaat: Inilah aku. Sekarang, biarkan aku memberi tahu tentang dirimu yang sebenarnya.

    9. 
    GALATIA - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Korintus atau Siria Antiokhia - Ditulis: Sekitar tahun 50 M – Gaya penulisan: Surat instruksi dan penjelasannya – Ringkasan: Kepada jemaat: Anda tidak bisa meraih kasih Allah dengan hanya taat pada peraturan, yang dibutuhkan adalah iman!

    10. 
    EFESUS - Penulis: Paulus (di dalam penjara) - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 50 M – Gaya penulisan: Surat untuk menguatkan– Ringkasan: Kepada Jemaat: Terimakasih Tuhan yang luar biasa. Kemudian kasihilah sesamamu dengan baik.

    11. 
    FILIPI - Penulis: Paulus (di dalam penjara) - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 60 M – Gaya penulisan: Surat terima kasih/ pengucapan syukur/ sukacita. – Ringkasan: Kepada jemaat: Mengenal engkau membawa sukacita bagiku. Mengenal Tuhan membawa sukacita bagi kita semua.

    12. 
    KOLOSE - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 60 M – [color=#BF0000]Gaya penulisan: Surat koreksi – Ringkasan: Kepada jemaat: iman dalam Kristus sudah cukup. Jangan menambahkan apapun ke dalamnya.

    13. 
    1 TESALONIKA - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Korintus - Ditulis: Sekitar tahun 50 M – Gaya penulisan: Surat instruksi dan penguatan – Ringkasan: Kepada jemaat: Lihatlah ke depan pada kedatangan Kristus.

    14. 
    2 TESALONIKA - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Korintus - Ditulis: Sekitar tahun 50 M – Gaya penulisan: Surat klarifikasi – Ringkasan: Kepada jemaat: Lihatlah ke depan akan kedatangan Kristus, ettapi tetaplah hidup dengan sungguh-sungguh dan bekerja keras.

    15. 
    1 TIMOTIUS - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Makedonia - Ditulis: Sekitar tahun 65 M – Gaya penulisan: Surat pribadi kepada sang murid – Ringkasan: Saudara Timotius terkasih: Kamu sudah melakukan hal yang baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat mengenai kepemimpinan sebuah gereja.

    16. 
    2 TIMOTIUS - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 65 M – Gaya penulisan: Surat pribadi kepada sang murid – Ringkasan: Saudara Timotius yang terkasih: Datanglah segera: Aku tidak tahu berapa lama lagi aku akan disini. Jagalah iman!

    17. 
    TITUS - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Makedonia (?) - Ditulis: Sekitar tahun 65 M – Gaya penulisan: Surat instruksi dan pelatuhan – Ringkasan: Titus terkasih: Berikut ini beberapa petunjuk untuk memimpin jemaatmu.

    18. 
    FILEMON - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 60 M – Gaya penulisan: Surat rekomendasi – Ringkasan: Filemon terkasih: terimalah Onesimus bukans ebagai seorang pelarian, tetapi saudara seiman.

    19. 
    IBRANI - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 70 M – Gaya penulisan: Untuk orang Yahudi di Perjanjian Baru – Ringkasan: Kepada semua orang Kristen Yahudi: Sekarang Kristus telah datang, fokuskan kepadaNya daripada ritual yang menunjuk Anda kepadaNya.

    20. 
    YAKOBUS - Penulis: Yakobus (saudara Yesus) Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: Sekitar tahun 50 M– Gaya penulisan: Surat Instruksi – Ringkasan: Ya, keselamatan memang karena iman, tetapi iman tanpa perbuatan adalah sia-sia.

    21. 
    1 PETRUS - Penulis: Petrus - Tempat penulisan: Babilon - Ditulis: Sekitar tahun 60 M – Gaya penulisan: Surat pribadi – Ringkasan: Saat ini adalah saat yang sulit. Biarkan imanmu menolongmu untuk bisa bertahan. Jangan lepaskan hanya karena ada permasalahan.

    22. 
    2 PETRUS - Penulis: Petrus - Tempat penulisan: Babilon (?) - Ditulis: Sekitar tahun 65 M – Gaya penulisan: Surat peringatan – Ringkasan: Saat ini adalah saat yang sulit. Pertahankan iman itu menolongmu untuk bertahan.

    23. 
    1 YOHANES - Penulis: Rasul Yohanes - Tempat penulisan: Efesus, atau di dekatnya - Ditulis: Sekitar tahun 90 M – Gaya penulisan: Surat penguatan dan instruksi – Ringkasan: Abaikan ajaran palsu. Hiduplah benat. Saling mengasihi. Ketahuilah Yesus adalah Tuhan dalam daging.

    24. 
    2 YOHANES - Penulis: Rasul Yohanes - Tempat penulisan: Efesus, atau di dekatnya - Ditulis: Sekitar tahun 90 M – Gaya penulisan: Sebuah surat– Ringkasan: Naikkan dagumu dan bukalah hatimu, tetapi tetaplah berjaga-jaga dalam imanmu.

    25. 
    3 YOHANES - Penulis: Rasul Yohanes - Tempat penulisan: Efesus, atau di dekatnya - Ditulis: Sekitar tahun 90 M – Gaya penulisan: Sebuah surat pribadi – Ringkasan: pertahankan pekerjaan yang baik! Aku akan segera ke sana untuk mengatasi gejolak kekuasaan.

    26. 
    YUDAS - Penulis: Yudas (saudara Yesus) Tempat penulisan: Palestina - Ditulis: Sekitar tahun 90 M – Gaya penulisan: Sebuah surat peringatan – Ringkasan: Berhati-hatilah kepada orang yang menggunakan kasih karunia Tuhan sebagai alasan untuk melakukan hal yang tidak bertanggung jawab.

    27. 
    WAHYU - Penulis: Rasul Yohanes - Tempat penulisan: Patmos - Ditulis: Sekitar tahun 95 M – Gaya penulisan: Pengelihatan profetik – Ringkasan: Inilah halaman terakhir sejarah dunia – kiamat akan segera datang.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar